Cara Membuat Ketupat Lebaran

Assalamualaikum….

Selamat siang, bagaimana dengan puasanya hari ini ? masih kuat kah ? harus…

Tak terasa sudah berada di penghujung ramadhan, dan sebentar lagi kita semua akan kembali kepada hari suci nan penuh berkah, aminnn yaitu hari raya idul fitri… Biasanya di hari idul fitri atau sering di istilah kan dengan hari lebaran idul fitri hampir di setiap rumah memiliki ciri khas tertentu seperti aneka ragam makanan kue lebaran.

Tapi apakah kalian masih ingat dengan ketupat lebaran ? ya tentu saja saya ingat,,, inilah yang menjadi ciri khas utama lebaran idul fitri. Makan ketupat bersama keluarga menjadi pilihan banyak orang apalagi bila di sajikan dengan soto  atau sayur kaldu kuning yang ditaburi kerupuk.

Rasanya tidak fair kalau cuma bisa makan ketupat saja, yuk kita coba sendiri buat ketupat dengan resep cara membuat ketupat lebaran…

Cara membuat ketupat lebaran supaya ketupatnya enak, kenyal, dan tahan lama ada keterampilan dan cara tersendiri.

cara membuat ketupat lebaran

Berikut trik dan tips resep ketupat lebaran idul fitri adalah :

* Beras yang digunakan adalah beras yang menghasilkan nasi pulen.
* Siapakan kulit ketupat dengan ukuran yang sama agar matangnya bersamaan. Cuci bersih kulit ketupat dan tiriskan.
* Cuci bersih beras pulen (seperti rojolele, pandan wangi, mentik spesial) lalu rendam dalam air dingin selama 1 jam. Jika suka bisa ditambahkan sedikit air kapur sirih. Tiriskan.
* Isi kulit ketupat dengan beras hingga 2/3 bagian kulitnye terisi beras.
* Susun ketupat di dalam panci tinggi dan besar.
* Tuangi air panas lalu masak selama 2-3 jam hingga ketupat padat. Jika air berkurang tambahkan air panas secukupnya.
* Angkat ketupat dan tiriskan lalu gantung di tempat yang berangin hingga ketupat dingin.

Demikian itulah cara membuat ketupat lebaran, bagi anda yang ingin mencoba silahkan di praktekan… :D

By. cara membuat ketupat lebaran

 

 

 

Masakan Rendang Padang

Rumah makan Padang kini telah hadir di berbagai daerah, apakah anda termasuk pencinta masakan padang ?

Kalo jawaban iya, berarti sama dong dengan suami saya suka dengan masakan Padang apalagi dengan rendangnya itu katanya. Baiklah sekarang saya coba sajikan resep masakan rendang Padang khusus untuk kalian dan suami ku tercinta… :)

Resep Masakan Rendang Padang

resep masakan rendang padang

Cara membuat rendang dengan resep ini sangatlah simple dan mudah untuk diikuti seperti membuat udang saus padang. Mungkin bagi yang pemula dan belum pernah membuatnya akan mengalami sedikit kesulitan tapi secara keseluruhan akan baik-baik saja.

Bahan rendang padang :

  • 1 ½ kilo daging sapi
  • 12 gelas santan dari 3 butir kelapa
  • 2 biji asam kandis
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 lembar daun kunyit
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • Garam secukupnya

Haluskan :

  • 1 ons cabe merah
  • 15 buah bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 5 buah kemiri
  • 2 cm jahe
  • 3 cm laos (yang ini tidak perlu dihaluskan, cukup di keprak saja)
  • Cara membuat:

Daging dipotong2 sesuai selera.
Dalam wajan: rebus santan dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan plus daun-daun dan asam kandis.
Aduk terus sampai mengental agar santannya tidak pecah. Kalau sudah mulai keluar minyak masukan potongan-potongan daging
Aduk terus dan dimasak dengan api sedang. Kalau mau dihitamkan kecilkan apinya.

Ada juga rahasia untuk membuat rendang padang agar lebih mantap, seperti rendang padang asli yang dijual di rumah makan padang.

Ini dia rahasia rendang padang :

- Sedikit tambahan untuk resep tsb (supaya lebih enak,boleh di test):
* 1kg daging, kelapanya 3 butir dibuat santan kental, jadi kalau 1,5 kg sebaiknya 5 butir kelapa.
* Ditambah 3 lembar daun salam, juga untuk serai ditambah jadi 2 batang, daun jeruk ditambah menjadi 4 lembar
* Ditambah 2 sdm kelapa parut sangrai yang sudah digiling halus (sampai keluar minyak)
* Sedikit gula, bila suka
* Kalau ingin rasanya lebih sarat bumbu, cabe, bawang putih & merahnya boleh ditambah lagi
* Supaya lebih meresap bumbunya, sebaiknya daging diungkep dulu bersama dengan semua bumbu & daun, setelah air dagingnya kering baru masukan santan, diaduk terus sampai mendidih. Kecilkan api, masak sampai bermiyak (hitam) dengan sekali-sekali diaduk agar tidak lengket & matangnya merata. (Dew)

- Kebetulan kalau bikin rendang saya juga memasukkan sedikit asam kandis, tetapi rasanya tidak menjadi asam sama sekali kok (kali kalah sama rasa bumbu dan santannya), soalnya paling asam kandisnya 2 atau 3 biji. Kata orang sih, asam juga dapat berfungsi sebagai pengawet alami? (bener nggak sih). (An)

- Kadang ada orang yang bilang kenapa kalau masak rendang tidak bisa hitam seperti rendangnya orang Minang. Ibuku bilang, supaya rendang bisa hitam, kuncinya jangan pakai kunyit. Kalau pakai kunyit, biar masaknya lama dengan api kecil pun, rendang tetap kelihatan merah (seperti kalio).

- Supaya dedaknya banyak, santan juga harus banyak. Memeras santan untuk rendang, perasan pertama sebaiknya jangan ditambahkan air dulu.Peras kelapa dengan menggunakan kain/serbet khusus, supaya patinya keluar.

- Resep keluargaku, takaran utamanya :
1 kg daging, 4 butir kelapa (kalau di Batam = 2kg), 1 ons cabe giling. Ukuran potongan daging yang pas utk rendang, 1 kg = 25-30 potong, potong sesuai seratnya supaya tidak cepat hancur waktu dimasak.

- Kalau jenis dagingnya yang cepat empuk, jangan terlalu cepat dimasukkan, cukup di aduk dengan bumbu supaya meresap lebih dahulu dan didiamkan k/l 1/2 jam, baru masukkan setelah santan yang telah dijerang keluar minyaknya.

Nah, seperti itulah cara membuat masakan rendang Padang, cukup mudah bukan ?

Selamat mencoba ya… :D

Kreasi Ciput Bandana

Inilah Kreasi Ciput Bandana Buat Wanita Bergaya

Terinspirasi sama perkataan temen yang katanya pengen ciput bandana buat lebaran nanti, akhirnya saya coba search di google ternyata begitu banyak kreasi ciput bandana dengan berbagai campuran warna yang unik dan cantik-cantik, salah satu yang paling buat saya menarik adalah hasil karya dari FAIRA fashion,,,

Hmmm….   jadi pengen deh kayanya….

Ini dia penampakannya……

ciput bandanaciput bandanaciput bandanaciput bandanaciput bandanaciput bandanaciput bandanaciput bandanaciput bandanaciput bandanaciput bandanaciput bandanaciput bandanaciput bandanaciput bandana

Ayo,, ayo,,, mau pilih yang mana nich…??? lebaran tinggal sebentar lagi loh, atau mau nunggu dulu THR ?? heheh…

Untuk bocoran harga ciput bandana FAIRA yaitu sekitar Rp.25.000 an, tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal juga,,,  so,, kualitas ciput bandana FAIRA ini cukup bagus dan trendy…

By. Kreasi Ciput Bandana

Bros Rajutan Cantik

Apakah anda penggemar koleksi bros cantik ?

Kalo iya, ada berapa bros yang anda punya  di rumah sekarang ?

hayoo berhitung,, kalau masih kurang dari 10, lebih baik beli lagi deh bros-bros yang lebih cantik seperti bros rajutan buatan saya ini nich,,,, heheh (dalam hayalan..)

bros rajutan cantik

Entah karena sedang trend bros rajutan, tiba-tiba saja saya jadi kepikiran untuk mencoba posting tentang bros rajutan. Bros rajutan memang sedang populer di kalangan wanita-wanita muda, dengan berbagai macam jenis karya yang lucu-lucu dan unik tentunya harga bros rajutan ini tidak begitu murah bahkan bisa mencapai puluhan ribu, tetapi demi fashion akan dengan mudah konsumen membelinya, itupun hanya untuk sebagian orang.

Kalo ingin mendapatkan bros rajutan cantik murah dan bagus, kita bikin sendiri aja yuk…. caranya cukup mudah ko,,,

@. alat & bahan

   1. benang wol
   2. hakpen / jarum renda
   3. peniti
   4. kancing
   5. jarum jahit
   6. kain flanel
   7. benang jahit

@. cara membuat

1. bros bunga rajut merah

  • buat setik rantai (ch) sebanyak 9 rantai lalu 21 kait ganda (dc)
  • buat 35 ch lalu buat 5 ch yang di selipkan pada setiap lima ch.
  • kelopak pertama,buat 3 ch untuk tiang lalu buat 5 half treble crochet (htr) setiap 1 htr dibuat lebih panjang dari pada htr sebelumnya sampai htr ke 3 kembali menurun sehingga berbentuk lengkungan lalu di tutup dengan 3 ch untuk tiang. ulangi cara yang sama sampai 7 X.
  • kelopak ke dua buat 6 ch selipkan di antara kelopak sebelumnya.
  • buat 4 ch untuk tiang lalu buat 7 htr, lakukan seperti cara pada (*) ke 3.
  • kelopak ke 3 buat 7 ch selipkan di antara kelopak sebelumnya.
  • buat 5 ch untuk tiang lalu buat 9 htr lakukan seperti cara pada (*) ke 3.
  • pasang kancing di tengah bunga dengan cara menjahitnya.
  • pasang peniti pada kain flanel yang telah di potong bundar.
  • tutup bagian belakang bros yang sebelumnya telah di isi dengan kapas menggunakan kain flanel yang telah di pasang penitinya di lalu jahit sekeliling kain flanel menggunakan benang dan jarum jahit untuk menyatukan kain flanel dan bros.
  • jadi deeeeh.

2. bros bunga rajut coklat
Pada pembuatan bros bunga coklat ini caranya sama dengan membuat bros rajut bunga merah hanya bundaran tengahnya saja yang berbeda. 

 

 

*). buat 15 ch lalu buat 3 ch untuk tiang lalu buat 5 half treble crochet   (htr) setiap 1 htr dibuat lebih panjang dari pada htr sebelumnya sampai htr ke 3 kembali menurun sehingga berbentuk lengkungan lalu di tutup dengan 3 ch untuk tiang. ulangi cara yang sama sampai 5 X.
*). lakukan seperti cara pada bros rajut bunga merah ( dari * ke 4 sampai selesai)

Alhamdulillah, akhirnya bros telah jadi dan siap dipakai….
bros rajutan cantik

Catat ya….  sebentar lagi kan lebaran nich, nah,,  bagi yang sudah dapet THR cepetan deh beli dan pilih bros rajutan cantik sesuka hati mu dengan model jilbab yang cantik-cantik plus baju lebarannya yang modis-modis,,,, OK ! :D

By. Bros Rajutan Cantik

Resep Minuman Sop Buah

Anda Penggemar Sop Buah ? Jika iya.. yukk kita buat sendiri….

Sop buah saat ini menjadi minuman yang cukup populer bisa ditemui di pinggir jalan dan di mall-mall. Seperti sop sayuran yang kaya akan sayuran , sop buah ini kaya akan beraneka buah.

resep minuman sop buah
Karena panduan buahnya yang beranekaragam, Harga sop buah ini tidak bisa dibilang murah. Oleh karena itu, Yuk coba bikin sendiri  sop buah ini. Selain puas, anda juga bisa menghemat kantong. Ini dia resep minumannya untuk anda.

Untuk membuat sop buah ini persiapkan bahan-bahan berikut ini :

  • 150 gr mangga, kupas dan potong-potong dadu
  • 150 gr stroberi, potong enjadi beberapa bagian
  • 150 gr bengkuang, potong dadu
  • 150 gr nanas, potong kipas
  • 150 gr melon, potong-potong
  • 150 gram apel, kupas dan potong-potong
  • 1 buah kelapa muda, keruk dagingnya memanjang
  • 100 gram plain yoghurt
  • 750 ml susu cair segar
  • 200 ml sirup vanili
  • Es batu, hancurkan

Untuk membuat sop buah, ini dia caranya :

  • Siapkan semua bahan-bahan campurkan jadi satu
  • Masukkan plain yoghurt, susu cair serta sirup vanili dan diamkan dalam lemari es selama beberapa jam
  • Siapkan mangkok saji, hidangkkan ke dalam mangkok dengan menambahkan susu.
  • Sop buah siap disantap

Sudah terbayang kan kesegaran sop buah ini. warna buah yang beraneka ragam akan membuat anda berselera . Hmmm, terbayang kan?. selain segar campuran buah ini juga sarat akan gizi, jadi, anda bisa mendapatkan kesegaran dan kesehatan dalam satu gelas. Es ini juga pas untuk buka puasa special anda. Anda yang ingin menambahkan bahan-bahan yang anda suka seperti rambutan, selasih, atau yang lainnya. Wow, enak yaaa…

Selamat mencoba…..!! :D

By. Resep Minuman Sop Buah

Resep Masakan Cumi Saus Tiram

Nikmati Hidangan Buka Puasa Dengan Resep Masakan Cumi Saus Tiram

Tinggal beberapa jam lagi untuk menunggu santapan buka puasa, sembari menunggu adzan magrib lebih baik kita ikuti resep masakan cumi saus tiram. Lebih mantap lagi kalo sambil di praktekan,,

Bahan :
350 gram cumi tanpa kepala
1 sendok teh air jeruk
1 sendok teh kecap ikan
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 buah bawang bombay, potong 2×2 cm
1 cm jahe, memarkan
2 buah cabai hijau, potong serong
1/2 buah tomat, potong-potong
2 sendok makan saus tiram
1/2 sendok teh kecap ikan
1 sendok teh kecap manis
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
200 ml air
1 sendok teh tepung maizena, larutkan dengan 1 sendok teh air
1 tangkai daun bawang, potong serong 1 1/2 cm

Cara Membuat :

  •     Belah dua cumi, potong 5×5 cm, kerat-kerat bagian dalam cumi.
  •     Lumuri dengan air jeruk dan kecap ikan. Sisihkan
  •     Tumis bawang putih, bawang bombay, dan jahe sampai harum.
  •     Tambahkan cabai hijau. Aduk sampai layu.
  •     Masukkan cumi. Aduk sampai berubah warna.
  •     Tambahkan tomat. Aduk sampai layu.
  •     Masukkan saus tiram, kecap ikan, kecap manis, garam, dan merica. Aduk rata.
  •     Tuang air. Masak sampai mendidih. Kentalkan dengan larutan maizena. Didihkan lagi.
  •     Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Angkat

Selamat mencoba..!!

By. Resep Masakan Cumi Saus Tiram

Pernak Pernik Dari Kreasi Kain Flanel

Pernak Pernik Dari Kreasi Kain Flanel

Setiap orang tentu memiliki hobi keahlian tangan yang berbeda-beda, seperti halnya tangan yang saya miliki. Dulu sewaktu masih kecil hobi saya adalah membuat kerajinan tangan seperti anyaman, gantungan pot bunga dari tali rapia, membuat peta dari serbuk kayu yang di gergaji, sulaman taplak meja dll. Kreasi tangan ku itu kini hanya tinggal kenangan, dan rasanya saat ini saya temukan sebuah tutorial tentang pernak pernik dari kreasi kain flanel yang membuat ku penasaran untuk mencobanya, apalagi kalau nanti sudah punya baby, emm,,,  senengnya bisa bikinin dia mainan dari hasil tangan ku sendiri…

Nah, bagi anda yang punya keinginan seperti ku, yuk ikuti langkah-langkah berikut ini….

Sumber: http://feltsouvenir.blogspot.com/

1. siapkan 2 lembar kain flanel lingkaran, masing-masing berdiameter 8 dan 3 cm. Pada flanel yang kecil, gunting tepinya secara berkelok. Kemudian tempelkan ke bagian tengah flanel besar dengan tusuk feston atau lem.

2. jelujur tepi flanel, kemudian serut dan isi dengan dakron, kemudian jahit mati.

3. ukur keliling bulatan flanel, siapkan cone sesuai ukuran yang diperoleh tadi (kebetulan di sini ukurannya 11 cm). Buat serat cone dengan benang. Kemudian lipat di tengah dan jahit tepinya dengan tsusuk feston.

4. Isi cone dengan dakron (0,5 cm dari tepi cone). kemudian beri lem tembak dan tempelkan bulatan yang telah dibuat tadi. Untuk membuat topping, beri lem tembak di atas es krim kemudian langsung taburi dengan payet pasir dan biarkan lem mengeras.

Hmmm…es krim ala tukang flanel sudah jadi…silahkan dicoba.. semoga bermanfaat yaa….

Kreasi kain flanel sangat beraneka ragam jenis dan bentuk, mulai dari yang simple, lucu, cantik, dan unik. Kain flanel merupakan bahan utama untuk membuat kerajinan, terutama kerajinan kain flanel itu sendiri. dengan ditambah beberapa kreasi kain flanel akan menjadi suatu kerajinan yang luar biasa, contohnya seperti : bros kain flanel, gantungan kunci dari kain flanel, boneka kain flanel, aksesoris kain flanel, tempat tisu, bando, jepitan rambut, souvenir, dan masih banyak lainnya.

1aa699fe22b0c52b7a51ed6517f3d428_unduhan-16

Tas Kain Flanel

d3fa356f793d51742f8620a45e1e03f6_mnkkjk

819b6847ba4f389c168f23c042a68c55_dddd

Aksesoris Kain Flanel

425a529665fff29244944d1e1251506b_images-98

Tempat Handphone dari Kain Flanel

155aa1858366bfab5cda78cdc06e4f8a_hgjrtyuy

Tempat Tisu dari Kain Flanel

d59225037456e0007d41ab43916e6c86_images-88

Gantungan Kunci dari Kain Flanel

49668de9c1ee34a65246c9d0dea75b4c_ggg 59bb32e06c5a5b65abb1ca6bd9650533_kjkjkj 75cfd9a205f23a2a01eb2fe95d113954_nnnnn

Bros Kain Flanel

990e5254e8d8393f53e8a8717b076e72_images-95

Selamat mencoba……!

By.  Pernak Pernik Dari Kreasi Kain Flanel